Penyebab Bisul

Bisul dapat berkembang dengan cepat. Hal ini diakibatkan oleh berkembangnya bakteri/kuman staphylococcus aureus. Bisul sama dengan jerawat berwarna merah, keras dan membengkak.

Bisul yang berkembang dan semakin membengkak serta memiliki satu inti ditengahnya yang disebut dengan mata bisul. Inti bisul mengandung bakteri dalam jumlah yang sangat banyak. Bakteri bercampur dengan sel darah putih ditempatnya menginfeksi. Sel-sel membentuk cairan kental yang berupa nanah. Kemudian nanah akan keluar ketika bisul pecah.

Nanah mengandung banyak kuman dan bakteri hidup yang akan menyebabkan infeksi dan menimbulkan bisul di tempat lainnya, karena bisul merupakan penyakit menular.

Bisul disebabkan infeksi bakteri pada folikel (akar) rambut di kulit yang disebabkan oleh bakteri stafilokokus. Nanah dalam bisul berisi bakteri hidup dan bisa menular. Selain itu, bisul juga bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain (septikemia: bakteri dalam peredaran darah).

Penampakan bisul

Proses terjadinya bisul

- Bakteri masuk ke dala tubh lewat jaringan kulit

- Bakteri tersebut kemudian mengeluarkan toksin/racun yang dapat membunuh sel-sel disekitarnya

- Tubuh akan melakukan pertahanan dengan cara mengirimkan sel darah putih untuk membunuh toksin tersebut

- Secara otomatis, sel kulit akan menghalangi toksin tersebut menyebar dengan cara membentuk jaringan atau dinding bisul, sehingga penyakit/toksin tetap terkumpul di satu titik.

- Karena toksin ini mengumpul di satu titik kulit, terjadilah benjolan bisul berisi nanah.

Bisul selain disebabkan oleh infeksi kuman/bakteri. Bisul juga dapat disebabkan oleh pola kebersihan diri yang kurang terjaga, seperti :

1. Kebersihan

Kebersihan diri dan lingkungan mencerminkan hidup yang bersih dan setidaknya kita dapat mencegah terjadinya serangan penyakit. Kita sering melakukan aktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan dan banyak berkutat dengan kuman, bakteri, debu dan polusi udara lainnya.

Wajah merupakan tempat favorit dari tumbuhnya bisul, karena wajah merupakan anggota tubuh yang mudah sekali terkena polusi udara yang memudahkan kotoran dan lainnya mudah menempel dan masuk ke dalam pori-pori kulit ditambah produksi minyak di wajah terutama pada mereka yang memiliki tekstur kulit wajah berminyak. Minyak berlebih yang ada di dalam pori-pori kulit yang tidak keluar kemudian bercampur dengan bakteri/kuman dan hal ini akan menyebabkan timbulnya bisul.

2. Alergi

Beberapa jenis makanan dipicu sebagai penyebab timbulnya bisul. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang tinggi dengan protein tinggi menyebabkan timbulnya bisul. Salah satu contoh adalah telur yang mengandung protein tinggi dan banyak orang mengatakan banyak makan telur akan menyebabkan timblnya bisul.


=====================================

>>> Super Green Plus JB Untuk Mengobati Jerawat & Bisul, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Bisul and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>