Cara Mencegah Bisul

Bisul merupakan penyakit menular dan salah satu penyakit yang cukup menganggu karena dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup meresahkan. Bisul yang dapat menyerang siapa saja, termasuk bayi, anak-anak, bahkan orang dewasa.

Bisul tidak diketahui secara pasti gejalanya, namun yang dapat diketahui adalah ketika timbul benjolan kecil dikelilingi dengan ruam kulit yang merah, disertai rasa sakit bila disentuh atau dipencet. Gejala tersebut dinamakan bisul.

Bisul hampir sama dengan jerawat mulai dari gejalanya, namun jerawat yang tumbuh lebih besar dari jerawat pada umumnya dapat tumbuh menjadi bisul. Penyebab yang banyak diketahui dari timbulnya bisul adalah karena keadaan tubuh atau kebiasaan pola makan yang salah dan pengaruh adanya polusi udara dari keseharian aktivitas yang dijalani setiap harinya.

Bisul

Bisul bukan lah penyakit berbahaya, karena bisul dapat disembuhkan. Namun sebaiknya, bisul jangan dipencet karena hanya akan membuat kulit menjadi infeksi, kemudian menyebarkan bakteri lainnya ditempat berbeda kemudian bisul tumbuh kembali.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya bisul :

1. Menjaga kebersihan tubuh. Dengan mandi 2 kali sehari untuk melindungi dan membuat tubuh selalu bersih dan terbebas dari kuman serta penyakit atau bakteri penyebab timbulnya bisul.

2. Mengganti baju atau pakaian secara teratur terutama disaat tubuh sedang berkeringat, karena di saat berkeringat tubuh mengeluarkan banyak uap dan bakteri yang bercampur dengan air keringat.

Menggunakan pakaian yang sama selama berhari-hari hanya akan membuat tubuh semakin kotor meski tak terlihat dan meskipun mandi berkali-kali.

3. Keringkan tubuh dari keringat. Setiap melakukan aktivitas pastinya tubuh mengeluarkan banyak keringat, karena merupakan bagian dari sekresi tubuh terhadap suhu udara. Bila sedang berkeringat jangan langsung mengelap keringat dengan tissu atau menghilangkan keringat dengan kipas angin agar kulit tidak lembab. Jika kulit tubuh dalam keadaan lembab, bakteri, kuman dan jamur akan mudah berkembang biak dengan cepat di lapisan kulit. Biarkan keringat hilang dengan sendirinya.

4. Mencuci tangan dan wajah. Biasakan untuk mencuci tangan dan wajah usai melakukan aktivitas apapun dan usai berpergian dari luar rumah. Cara ini dinilai cukup efektif untuk menghindari dan melindungi diri dari berbagai serangan kuman penyakit termasuk bisul.

5. Menghindari beberapa jenis makanan yang mengandung protein tinggi. MitosĀ  yang ada bahwa seseorang yang gemar mengkonsumsi telur yang mengandung protein tinggi, dapat menimbulkan bisul.


=====================================

>>> Super Green Plus JB Untuk Mengobati Jerawat & Bisul, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Bisul and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>