Bisul (Furunkel)

Bisul (Furunkel) – Bisul atau yang dikenal juga dengan Furunkel dalam istilah medis adalah benjolan yang berwarna merah dan berada di permukaan kulit. benjolan merah yang berada di permukaan kulit ini dikarenakan oleh masalah folikel rambut yang mengalami inflamasi. bukan hanya benjolan merah biasa, tetapi juga akan menimbulkan rasa nyeri dan terdapat cairan nanah juga di dalam benjolan tersebut. adanya bisul ini pada kulit bagian mana pun, termasuk pada bagian kelopak mata, dan apabila muncul di kelopak mata umumnya tidak disebut dengan bisul lagi, tetapi disebut juga dengan bintitan, maka dari itu perlu hati hati. bisul bisa di miliki oleh siapa pun, di mulai dari anak anak sampai orang dewasa bisa memiliki bisul pada kulitnya. bisul juga memiliki ukuran yang beragam, ada yang memiliki ukuran kecil, sedang sampai yang sangat besar pun juga ada. apabila bisul ukurannya besar yang paling parah, bahkan ada yang membutuhkan tindakan operasi bedah kecil untuk mengatasi bisul.

Penyebab Bisul (Furunkel)

Adanya bisul pada permukaan kulit siapa pun, dan pada kulit seluruh tubuh ada penyebabnya. penyebab utama bisa dikarenakan infeksi oleh bakteri di folikel rambut. jenis virus yang dapat menginfeksi kulit dan menyebabkan infeksi ialah bakteri Staphylococcus aureus. jenis bakteri tersebut biasanya tidak berbahaya karena memang sering ditemukan di kulit, dan juga bisa ditemukan pada dalam hidung. tetapi karena ada luka terbuka yang disebabkan oleh gigitan serangga  maka ada cela untuk bakteri masuk ke dalam folikel rambut sehingga akan menyebabkan bisul (Furunkel). tetapi tidak selamanya menyebabkan gangguan kesehatan ringan, bisa juga menyebabkan gangguan kesehatan berbahaya.

bisull

Yang berbahaya apabila infeksi sudah semakin dalam. apabila infeksi sudah semakin dalam akan bisa menyebar kebagian tubuh lainnya, menyebabkan luka yang lebih parah seperti luka melepuh, masuk ke dalam tulang dan menyebabkan osteomieltis, bahkan bisa juga masuk ke dalam jantung.

Munculnya bisul pada permukaan kulit yang paling utama memang dikarenakan oleh infeksi pada kulit dari bakteri, tetapi ada juga faktor risiko yang meningkatkan seseorang lebih besar potensinya untuk menderita bisul. risiko memiliki bisul (Furunkel) semakin besar karena disebabkan oleh hal seperti dibawah ini :

  • Usia dan jenis kelamin. Bisul lebih sering menyerang remaja, terutama yang berjenis kelamin laki-laki. oleh sebab itu lebih sering melihat anak laki laki yang mengalami bisulan dibandingkan oleh anak perempuan.
  • Kebersihan yang tidak terjaga, pribadi maupun lingkungan. dikarenakan bakteri mudah ditemui pada bagian kulit dan hidung, maka dari itu rajin membersihkan kulit dengan baik sangat diperlukan agar tidak memicu bakteri untuk menginfeksi kulit. kebersihan kulit dijaga tentunya dengan mandi, dan bisa memilih sabun yang mencegah infeksi seperti sabun antiseptik.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, contohnya karena mengidap HIV, menjalani kemoterapi, atau mengidap penyakit diabetes. karena penyebab utama bisul (Furunkel) dikarenakan oleh infeksi, karena itu risiko paling besar terjadi pada saat daya tahan tubuh sedang lemah. jadi gangguan kesehatan atau penyakit yang telah disebutkan diatas apabila dialami akan sangat rentan untuk menginfeksi tubuh dan menyebabkan bisul.
  • Mengalami masalah kulit, misalnya sering berjerawat. selain di picu oleh daya tahan tubuh yang lemah. memiliki bisul pada permukaan kulit juga berisiko oleh orang orang yang mengalami masalah kulit seperti jerawat. karena jerawat tidak jauh berbeda dengan bisul (Furunkel).

Ciri Ciri Bisul (Furunkel)

Memiliki bisul pada permukaan kulit setelah di infeksi akan menyebabkan rasa tidak nyaman. tetapi masih banyak orang yang masih belum mengetahui ciri dari bisul (Furunkel), maka dari itu cara pengobatannya masih belum tepat. bentuk bisul pastinya bulat karena seperti benjolan yang berada pada permukaan kulit. benjolan bisul akan berwarna merah, yang awalnya sangat kecil ukurannya tetapi lama kelamaan semakin membesar. selain itu benjolan bisul pada saat disentuh akan terasa hangat. kondisi seperti ini bisa juga indikasi bahwa bisul atau infeksi sudah menyebar bahwa kulit disekitarnya pun sudah di infeksi juga. apabila bisul semakin besar, maka bukan hanya warna merah tetapi juga akan ada warna putih kekuningan yang merupakan nanah. pada bagian tengah bisul pun juga akan muncul benjolan putih.

Mengatasi Bisul (Furunkel)

Munculnya bisul pada permukaan kulit akan menimbulkan rasa tidak nyaman, oleh karena itu ada baiknya jika mengatasi atau mengobati bisul (Furunkel) sehingga akan cepat membaik. untuk mengobati bisul bisa dengan cara seperti dibawah ini :

  • Kompres bisul dengan menggunakan air hangat setiap hari sampai mengecil. sebab kompres akan mengurangi rasa sakit dan juga akan membantu nanah membendung pada bagian tengah sehingga mudah pecah.
  • Apabila bisul sudah pecah karena nanah sudah berkumpul maka ada baiknya jika dibersihkan dengan menggunakan alkohol agar tidak ada bakteri yang masuk lagi ke dalam luka karena pecahnya bisul.
  • Tutup bisul atau yang tela menjadi luka dengan menggunakan perban sebab jika jika dibiarkan terbuka akan menyebabkan infeksi baru lagi, maka dari itu tutup dengan kain kasa atau perban yang juga sering di ganti. (By:RM)

Bisul (Furunkel)

CARA PEMESANAN

Super Green Plus JB
Cara Ampuh Mengatasi dan Mengobati Jerawat Membandel serta Bisul

Jpeg

1 Box SUPER GREEN PLUS JB Isi 10 mL = Rp.115.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan SUPER GREEN PLUS JB, Jumlah Box, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Super Green Plus JB Untuk Mengobati Jerawat & Bisul, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Bisul and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.